Pembahasan Kajian PJU

Focus Group Discussion: Urgensi Pengaturan Pengelolaan Penerangan Jalan Daerah Dan Lingkungan Yang Menjadi Kewenangan Pemda Kota Yogyakarta

Yogyakarta, pada hari Rabu, 16 September 2020, bertempat di Bilik Kayu Herigate Restro SDS Institute mengadakan acara Focus Group Discussion bersama Anggota Dewan DPRD Komisi C, Bappeda, Dinas Perhubungan, dan Perwakilan PLN Kota Yogyakarta. Acara tersebut membahas tentang pentingnya pengaturan pengelolaan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada di kota Yogyakarta.

Dimoderatori oleh bapak Henri Krismawan, beliau menyampaikan bahwa perlu kajian dalam  kewenangan yang mengatur dan hal teknis yang berkaitan dengan pengelolaan PJU. Selanjutnya narasumber bapak Heru Purnomo menyampaikan poin-poin penting yang dapat di rumuskan didalam kajian nanti. Ada 3 poin penting yaitu: 1) Bagaimana kejelasan hukum terhadap PJU, 2) bagaimana hubungan pengaturan PJU dengan penetapan Status dan kelas Jalan kota Yogyakarta, dan 3) Bagaimana tata kelola dari PJU tersebut.

Setelah memaparkan penjelasan 3 poin itu anggota dewan memberikan tanggapan “harus ada transparansi, elektabillitas, dan tujuan yang jelas  mengenai pengelolaan PJU ini” tutur dari ketua DPRD kota Yogyakarta. Karena setiap “masyarakat sebaiknya juga mengetahui bagaimana standardisasi dari pengelolaan PJU ini” lanjutnya.

Dan ada beberapa poin penting lagi yang disampaikan dalam diskusi ini oleh anggota dewan, yaitu 1)bagaimana teknis perawatan PJU itu, 2) pembagian wilayah dalam melakukan perawatan itu perlu dirumuskan, dan 3) bagaimana standardisasi PJU untuk kenyamanan didalam berkendara.

Dan diakhir acara menyepakati bahwa perlu kajian dalam memformulasikan pengaturan Penerangan Jalan Umum dan membuat road map pembagian wilayah dalam hal perawatan PJU.

Leave A Comment